Saturday, October 8, 2011

Makalah Pencemaran Air



Bab I
Pendahuluan

Latar Belakang

Kita menggunakan air untuk keperluan sehari-hari. Seperti untuk minum, mandi dan mencuci. Air yang kita gunakan tentunya harus bersih. Air bersih adalah air yang tidak berwarna, tidak bebau dan tidak beracun. Namun, saat ini air bersih mulai sulit didapatkan. Penyebabnya adalah kelalaian manusia.
Kandungan air saat ini memprihatinkan terlebih air yang tercemar karena air  mengandung logam, limbah dan zat kimia yang berbahaya.

Air untuk kehidupan sudah semestinya kita mengelola air limbah sebelum memasuki badan air. Sesuai dengan siklus hidrologi, jumlah air di muka bumi adalah konstan. Namun, akibat pencemaran limbah air mengalami penurunan kualitas hingga tidak dapat dipergunakan. Misalnya di beberapa tempat air tanah telah mengalami penurunan kualitas akibat perembesan limbah cair domestik, industri dan pertanian.


Itulah kenapa air sebagai sumber utama bagi manusia serta makhluk hidup lainnya dimuka bumi ini karena merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan.


Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah agar kita mengetahui tentang pecemaran air, dampak-dampaknya dan cara menanggulanginya.



Bab II
Pembahasan

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Menurut Keputusan Menteri Negara Kepedudukan dan Lingkungan Hidup No.02/MENLH/I/1998, yang dimaksud dengan polusi/pencemaran air adalah masuk/dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain kedalam air/udara oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, kurang atau tidak dapat berfungsi lagi dengan peruntukannya.

Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi, algae blooms, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.
Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.
Di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, pencemaran air merupakan penyebab utama gangguan kesehatan manusia/penyakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di seluruh

Pertumbuhan dan Perkembangan Kacang Hijau

Pedahuluan
Latar Belakang :

Menurut para pendapat tokoh, perkecambahan biji merupakan bentuk awal embrio yang berkembang menjadi sesuatu yang baru yaitu tanaman anakan yang sempurna menurut Baker, 1950. Sedangkan, menurut Kramer dan Kozlowski, 1979, perkecambahan biji adalah proses tumbuhnya embrio atau keluarnya redicle dan plumulae dari kulit biji.

Dalam perkecambahan, biji selalu mengalami pertumbuhan dan mengalami perkembangan. Pertumbuhan adalah proses kenaikan volume karena adanya penambahan substansi (bahan dasar) yang bersifat irreversibel (tidak dapat kembali). Sedangkan, perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan yang tidak dapat diukur. Pertumbuhan dalam suatu perkecambahan biji dapat langsung diukur apabila tunasnya sudah keluar dan tumbuh. Sama halnya dengan pertumbuhan, perkembangan juga dapat dilihat dari tunas/awal, hanya saja tidak diukur melainkan melihat apa saja struktur tubuh kecambah yang mulai ada dari awal/tunas. Seperti pada awalnya, berkembang batang, akar, dan sebagainya. Pertumbuhan dan perkembangan suatu kecambah biji akan selalu berbeda-beda tergantung media tanam yang dipakai dan unsur-unsur yang terdapat dalam media tanam tersebut.

Media tanam merupakan media/tempat dimana tanaman/biji dapat tumbuh dan berkembang didalamnya. Contohnya seperti tanah, air, kapas, dan sejenis lainnya. Saat ini, di kehidupan sehari-hari atau dalam perkebunan, tanah selalu menjadi media tanam bagi benih yang akan ditanam. Tapi, dalam kegiatan penelitian, siswa-siswi selalu memakai kapas untuk perkecambahan biji mereka. Sedangkan, media tanam yang menggunakan air biasanya dikhususkan untuk tumbuhan hidroponik.
Dalam hal ini, dapat terlihat bahwa kegunaan antara berbagai media tanam itu berbeda-beda. Tidak hanya kegunaannya saja tapi pengaruhnya terhadap perkecambahan suatu biji. Pengaruh tersebut dapat disebabkan karena setiap media tanam mengandung unsur-unsur dan struktur yang berbeda-beda.

Tujuan :
Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan kacang hijau di media tanah dan kapas basah.

Alat dan bahan :
1. 8 Kacang Hijau
2. Tanah
3. Kapas
4. 2 Aqua Gelas
5. Air
6. Paku Kecil
7. Penggaris

Cara Kerja :
1. Pertama bagian bawah kedua aqua gelas dilubangi dengan paku kecil agar air yang berlebihan bisa keluar.
2. Kemudian salah satu aqua gelas diisi dengan tanah dan aqua satunya lagi dengan kapas.
3. Aqua gelas yang berisi tanah, ditanami kacang hijau di dalamnya.
4. Aqua gelas yang berisi kapas, ditanami kacang hijau di atas permukaan kapas.
5. Kemudian tanaman disiram secara teratur.
6. Amati Pertumbuhan dan ukur dengan penggaris setiap hari.


Konsep Dasar Sosiologi Simmel Serta Max Weber

Max Weber adalah seorang sosiolog besar yang ahli kebudayaan, politik, hukum, dan ekonomi. Ia dikenal sebagai seorang ilmuwan yang sangat produktif. Makalah-makalahnya dimuat di berbagai majalah, bahkan ia menulis beberapa buku. The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism (1904) merupakan salah satu bukunya yang terkenal. Dalam buku tersebut dikemukakan tesisnya yang sangat terkenal, yaitu mengenai kaitan antara Etika Protestan dengan munculnya Kapitalisme di Eropa Barat.
Sejak Weber memperkenalkannya pada tahun 1905 tesis yang memperlihatkan kemungkinan adanya hubungan antara ajaran agama dengan perilaku ekonomi, sampai sekarang masih merangsang berbagai perdebatan dan penelitian empiris. Tesisnya dipertentangkan dengan teori Karl Marx tentang kapitalisme, demikian pula dasar asumsinya dipersoalkan, kemudian ketepatan interpretasi sejarahnya juga digugat. Samuelson, ahli sejarah ekonomi Swedia, tanpa segan-segan menolak dengan keras keseluruhan tesis Weber. Dikatakannya dari penelitian sejarah tak bisa ditemukan dukungan untuk teori Weber tentang kesejajaran doktrin Protestanisme dengan kapitalisme dan konsep tentang korelasi antara agama dan tingkah laku ekonomis. Hampir semua bukti membantahnya.
Weber sebenarnya hidup tatkala Eropa Barat sedang menjurus ke arah pertumbuhan kapitalisme modern. Situasi sedemikian ini barangkali yang mendorongnya untuk mencari sebab-sebab hubungan antar tingkah laku agama dan ekonomi, terutama di masyarakat Eropa Barat yang mayoritas memeluk agama Protestan. Apa yang menjadi bahan perhatian Weber dalam hal ini sesungguhnya juga sudah menjadi perhatian Karl Marx, di mana pertumbuhan kapitalisme modern pada masa itu telah menimbulkan keguncangan-keguncangan hebat di lapangan kehidupan sosial masyarakat Eropa Barat. Marx dalam persoalan ini mengkhususkan perhatiannya terhadap sistem produksi dan perkembangan teknologi, yang menurut beliau akibat perkembangan itu telah menimbulkan dua kelas masyarakat, yaitu kelas yang terdiri dari sejumlah kecil orang-orang yang memiliki modal dan yang dengan modal yang sedemikian itu lalu menguasai alat-alat produksi, di satu pihak dan orang-orang yang tidak memiliki modal/alat-alat produksi di pihak lain. Golongan pertama, yang disebutnya kaum borjuis itu, secara terus menerus berusaha untuk memperoleh untung yang lebih besar yang tidak di gunakan untuk konsumsi, melainkan untuk mengembangkan modal yang sudah mereka miliki.
Muncul dan berkembangnya Kapitalisme di Eropa Barat berlangsung secara bersamaan dengan perkembangan Sekte Calvinisme dalam agama Protestan. Argumennya adalah ajaran Calvinisme mengharuskan umatnya untuk

Wawancara Basa Sunda (Tugas Praktek Basa Sunda)

BAB I

Rangkay Wawancara
.
Assalamu’alaiku wr.wb

Abdi Fréngki ti kelas XI IPA 2 rék ngawawancara ibu, sateuacanna abdi ngahaturkeun nuhun ka ibu, ku sabab tiasa ngaluangkeun waktos eujeung di wawancara ku abdi.

Anu kahiji, wasta asli ibu téh saha ?
Wasta asli ibu, ibu Rojalia.

Ibu téh asli ti mana ?
Mun nyarios asli mah nya lahir di Bogor.

Ibu téh lahir di mana, kaping sabaraha ?
Lahir mah di Bogor, kaping 12 Desember.

Ibu téh ngajar basa sunda baé atawa ngajar palajaran anu laén?
Ibu mah ngawulangna basa sunda wungkul.

Bumi ibu téh di mana ?
Bumi ibu téh di Gunung Batu, Komplék Sukasari, Nomer 50.

Ibu ngajar sabaraha kelas ?
Upami ngawulangna dalapan kelas.

Sabaraha lami ibu ngajar di SMAN 8 Bogor ?
Mun di SMA 8 mah ti taun 2006 tapi upami dicarioskeun ngawulangna tos lami.

Ibu ngajar di sakola laén teu ?
Heunteu, di SMA 8 wé wungkul.

Aya teu suka dukana ngajar di SMAN 8 Bogor ?
Ari sukana mah di SMA 8 barudakna masih bisa kénéh dipapatahan sananjan sabagian aya anu bandel tapi lamun guruna bias ngalulungan Insya Allah tiasa muridna gé getén atawa taat di aturan nu aya.

Tuesday, October 4, 2011

Narrative Text

Zenk and the Magic Pool

One day, there is a magic pool located in places forbidden. People who go there must melawati various obstacles. According to the people, that magic pool may grant all our wishes by throwing one penny. Every story must have the main character, his name is Zenk. He was a boy who used to be. However Behind its mediocre, he has a dream to become the greatest person in the world. He has good friends.

"Zenk, do you know about a magic pool people are talking about it? Asked Mia

"Oh yes, I know. Zenk Answer
"Are you going there? Ask Mia.
"no, I'm not interested in that."
"You're lying! impossible, if you do not want all your wish is granted!" Tutu said.
"I'm not lying."

Then Mia Zenk left without saying goodbye. Zenk think what he should do now, because people have been affected by a magic pool that includes her best friend Mia.

"Maybe I should have done that people are not affected by the pool that stupid!" thought Zenk

The next day he met Mia and Will take him along to where it is forbidden to do the purpose."Mia, I'm sorry about yesterday!" Zenk said.
"No problem." Mia said.
"Do you want to go to the magic pool?" asked Zenk
"Of course." Mia replied.

Then they prepare everything needed to go there.
After a day of walking, finally they reached the forbidden place.

"This place is very creepy forbidden, Zenk." Said Mia.
"Yes, this place is very creepy." Zenk said.
"Let's go back to the house Zenk? Ask Mia.
No, We must by in place." Zenk said.
"Well Zenk." Mia said.
Kau Yang Kuinginkan
Intro: Em D C D (4x)
Em D
Biarkan aku yang mengalah
C D
Biarkan aku yang pergi
Em D
Sikapmu semakin berubah
C D
Saat ku ada di sini
(#)

Monday, October 3, 2011

Uji Bahan Makanan (Protein)

Praktek Tanggal  31 januari 2011

Tujuan :
Agar kita dapat mengetahui berbagai zat-zat yang terkandung di dalam makanan. Dan menegetaui apa saja makanan yg mengandung lemak , glukosa , protein dan amilum .

Alat :
  1. Tabung reaksi 5
  2. Rak tabung reaksi 1
  3. Mortar + alu 3
  4. Gelas kimia 100ml
  5. pipet tetes 4
  6. gelas ukur
  7. pemanas
  
Bahan :
  1. Mentega cair 25ml
  2. Singkong rebus 1
  3. Tempe 1
  4. Sirup 25ml